Sabtu, 28 Maret 2015

pengertian artikel

Artukel

 

BLOG DIAN

Banyak sekali bacaan yang kita baca baik di media cetak maupun elektronik seperti internet yang membahas sebuah topik tertentu dan kadang di dalam judul nya tertulis kata artikel namun tahukah anda arti atau pengertian dari artikel itu sendiri di bawah ini saya akan membagikan tentang pengertian artikel yang mungkin bermanfaat bagi anda

 

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel adalah sebuah karangan prosa dalam media massa yang membahas tentang pokok masalah secara lugas dengan isi yang actual dan benar.  Kalimat dalam sebuah artikel harus disusun rapi dan menggunakan kata-kata yang hemat. Pengertian Artikel yang dikemukakan oleh Ichtiar Baru inilah yang pada akhirnya menjadi patokan penulisan sebuah karya tulis yang berbentuk artikel. Bahwa di dalam sebuah tulisan berbentuk artikel harus bersifat baru dengan isi yang benar, faktual dan bisa di percaya
Untuk menulis  artikel dapat dilakukan  oleh siapa saja ,  Pengertian Artikel merupakan sebuah tulisan yang mengandung ide dan pendapat seseorang yang mencakup suatu masalah tertentu yang bersifat aktual atau pun kontroversial baik yang memberi tahu, mempengaruhi, mendidik, meyakinkan maupun yang menghibur dan dipublikasikan melalui offline atau pun online.
Pada Pengertian Artikel, terdapat jenis dan cara penulisannya yaitu sebagai berikut :
 

Jenis - jenis artikel

  • Artikel Prediktif Artikel yang berisi tentang suatu hal yang sifatnya belum atau akan terjadi sesuai dengan analisa penulis. 
  • Artikel Eksploratif Artikel yang mengandung sebuah ungkapan dari fakta-fakta sesuai dengan sudut pandang penulis.
  • Artikel Deskriptif Artikel yang disusun untuk menggambarkan sebuah konflik atau masalah yang sedang terjadi dalam kehidupan masyarakat. 
  • Artikel Eksplanatif Artikel yang berisi tentang penjelasan suatu hal kepada pembaca menurut sudut pandang khususnya dari sudut penulisnya.

 Adapun jenis artikel dari segi penulisannya adalah sebagai berikut

  1. Argumentasi Karangan ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan fakta sebagai bukti atau alasan. Pada jenis argumentasi ini, pengarang mengharapkan kebenaran berpendapat dari pembaca yang terdiri dari unsur data, opini dan juga alasan atau fakta.
  2. Deskripsi Karangan ini mengandung gambaran mengenai suatu hal sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau merasakan keadaan tersebut yang berupa fakta dan fiksi
  3.  Eksposisi Karangan ini berisi penjelasan tentang suatu topik yang bertujuan memberi pengetahuan/informasi tambahan bagi pembaca yang dilengkapi dengan gambar, grafik ataupun statistik.
  4. Persuasi Karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi ini, pengarang mengharapkan adanya sikap motorik yang berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang anjuran penulis dalam karangannya.
  5. Narasi Narasi dikenal sebagai cerita yang berisi fiksi atau fakta. Pada narasi terdapat kejadian atau peristiwa dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian itu terdapat tokoh yang menghadapi suatu konflik.

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya berikan tentang Pengertian artikel terima kasih semoga bermanfaat

sumber




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com